REVIEW ALL NEW R15,BEDAH DESAIN,FITUR DAN TOP SPEED

yamaha R15


Kali ini kita bakal ngebahas apa aja sih yang ada di Yamaha all new R15. Dari embel-embel nama “all new” yang dibawa Yamaha R15 kali ini kelihatannya Yamaha benar benar merombak hampir keseluruhan lini.desain yang baru,chasis baru,mesin baru.ok Kita kupas satu  satu y sob.


Yang pertama kita ngomongin desain dulu sob. Desain Yamaha all new R15 kali ini dibuat mirip dengan Yamaha R6,oleh karena itu pihak Yamaha menyebut motor ini dengan sebutan “BABY R6”. Bentuk fairing bagian depan dibuat mengikuti generasi R series. Ditunjang dengan adanya lobang air scoop di fairing depan memberikan kesan bahwa motor ini terlihat racing,terlihat mirip dengan muka R1 dan R6. Lampu depan dibuat lebih kecil dari generasi R15 sebelumnya,dan sudah LED. Tanki yang berkapasitsas 11L dengan tata letak posisi yang berada di tengah,membuat bobot merata di bagian depan dan belakang.di bagian buntut belakang,dibuat sangat mirip dengan disain buntut milik Yamaha R1m. terdapat lobang menyirip,kalau ditanya fungsinya untuk aerodinamis,kayaknya enggak deh…..sebatas estetika aja kayaknya.Lampu belakangnya juga sudah LED,dan desain spakbor belakang dibuat lebih slim.Desain frame deltabox yang terlihat sekilas mirip dengan chasis deltabox Yamaha sebelumnya,tapi Yamaha mengklaim bahwa frame yang dibawa All new R15 dibuat berbeda untuk mengincar keseimbangan bobot 50:50 dibagian depan dan belakang. Ada satu spot yang menambah kegantengan motor ini,ada siripnya sob di tanki,mirip banget dengan  tanki R1m,keren banget.
 
Suspensi depan,all new R15 adalah satu satunya dan yang pertama motor 150 cc yang menggunakan suspensi UP SIDE DOWN di Indonesia,ini salah satu yang menjadi nilai jual all new R15.Menggunakan velg depan dengan lebar 2,5inchi dengan ukuran ban 100/80 menggunakan ban IRC ROAD WINNER,pada bagian belakang menggunakan velg dengan lebar 4inchi,dengan ukuran ban 140/70 menggunakan ban IRC ROAD WINNER,dipadu dengan swing arm berbahan alumunium dengan desain sporty.


Disisi dapur pacu,Yamaha memberikan upgrade yang cukup signifikan,salah satunya menaikkan kapasitas mesin dari generasi awal 150cc menjadi 155cc dengan menggunakan diameter piston 58mm. Yamaha juga menanamkan teknologi VVA atau VARIABLE VALVE TIMING ACTUATING teknologi ini membuat cam in memiliki 2 durasi yang berbeda.pada saat motor dipacu di RPM 7500 menggunakan durasi cam yang pertama,dan di saat melewati 7500 RPM secara otomatis berpindah ke durasi cam yang kedua.Akibatnya tenaga bertambah 2HP.Harusnya dengan teknologi ini bisa mengcover mesin di putaran bawah dan putaran atas.
 
Teknologi selanjutanya dibekali system transmisi assist and slipper clutch.membuat tarikan kopling jadi lebih ringan dan  membuat motor saat melakukan engine brake menjadi lebih halus,dan berkurang efek ban belakang mengunci saat engine brake.

Riding posisinya terasa sangat racing,ditunjang dengan posisi stang under yoke.terasa merunduk,tapi tidak membuat pundak dan pergelangan tangan menjadi cepat lelah.
Mau tau top speednya??? 144km/jam.


Ok segeni aja sob review dan bedah Yamaha all new R15.kalau artikel ini bermanfaat sobat bisa share ke teman teman sobat,terimakasih..... wassalam.
 

 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "REVIEW ALL NEW R15,BEDAH DESAIN,FITUR DAN TOP SPEED"

Post a Comment