Kali ini kita bakal ngebahas apa aja sih yang ada di Yamaha
all new R15. Dari embel-embel nama “all new” yang dibawa Yamaha R15 kali ini
kelihatannya Yamaha benar benar merombak hampir keseluruhan lini.desain yang
baru,chasis baru,mesin baru.ok Kita kupas satu
satu y sob.
Yang pertama kita ngomongin desain dulu sob. Desain Yamaha
all new R15 kali ini dibuat mirip dengan Yamaha R6,oleh karena itu pihak Yamaha
menyebut motor ini dengan sebutan “BABY R6”.
Bentuk fairing bagian depan dibuat mengikuti generasi R series. Ditunjang
dengan adanya lobang air scoop di fairing depan memberikan kesan bahwa motor
ini terlihat racing,terlihat mirip dengan muka R1 dan R6. Lampu depan dibuat
lebih kecil dari generasi R15 sebelumnya,dan sudah LED. Tanki yang
berkapasitsas 11L dengan tata letak posisi yang berada di tengah,membuat bobot
merata di bagian depan dan belakang.di bagian buntut belakang,dibuat sangat
mirip dengan disain buntut milik Yamaha R1m. terdapat lobang menyirip,kalau
ditanya fungsinya untuk aerodinamis,kayaknya enggak deh…..sebatas estetika aja
kayaknya.Lampu belakangnya juga sudah LED,dan desain spakbor belakang dibuat
lebih slim.Desain frame deltabox yang terlihat sekilas mirip dengan chasis
deltabox Yamaha sebelumnya,tapi Yamaha mengklaim bahwa frame yang dibawa All
new R15 dibuat berbeda untuk mengincar keseimbangan bobot 50:50 dibagian depan
dan belakang. Ada satu spot yang menambah kegantengan motor ini,ada siripnya
sob di tanki,mirip banget dengan tanki
R1m,keren banget.
Suspensi depan,all new R15 adalah satu satunya dan yang
pertama motor 150 cc yang menggunakan suspensi UP SIDE DOWN di Indonesia,ini
salah satu yang menjadi nilai jual all new R15.Menggunakan velg depan dengan
lebar 2,5inchi dengan ukuran ban 100/80 menggunakan ban IRC ROAD WINNER,pada
bagian belakang menggunakan velg dengan lebar 4inchi,dengan ukuran ban 140/70
menggunakan ban IRC ROAD WINNER,dipadu dengan swing arm berbahan alumunium
dengan desain sporty.
Disisi dapur pacu,Yamaha memberikan upgrade yang cukup
signifikan,salah satunya menaikkan kapasitas mesin dari generasi awal 150cc
menjadi 155cc dengan menggunakan diameter piston 58mm. Yamaha juga menanamkan
teknologi VVA atau VARIABLE VALVE TIMING ACTUATING teknologi ini membuat cam in
memiliki 2 durasi yang berbeda.pada saat motor dipacu di RPM 7500 menggunakan
durasi cam yang pertama,dan di saat melewati 7500 RPM secara otomatis berpindah
ke durasi cam yang kedua.Akibatnya tenaga bertambah 2HP.Harusnya dengan
teknologi ini bisa mengcover mesin di putaran bawah dan putaran atas.
Teknologi
selanjutanya dibekali system transmisi assist and slipper clutch.membuat
tarikan kopling jadi lebih ringan dan
membuat motor saat melakukan engine brake menjadi lebih halus,dan
berkurang efek ban belakang mengunci saat engine brake.
Riding posisinya terasa sangat racing,ditunjang dengan
posisi stang under yoke.terasa merunduk,tapi tidak membuat pundak dan
pergelangan tangan menjadi cepat lelah.
Mau tau top speednya??? 144km/jam.
Ok segeni aja sob review dan bedah Yamaha all new R15.kalau
artikel ini bermanfaat sobat bisa share ke teman teman sobat,terimakasih.....
wassalam.
Belum ada tanggapan untuk "REVIEW ALL NEW R15,BEDAH DESAIN,FITUR DAN TOP SPEED"
Post a Comment