Hallo sob....balik lagi ke artikel di blog gw,makasih sebelumnya yang sudah bersedia baca..
Ok kali ini kita bakal ngebahas masalah final gear ni sob,sebelum masuk ke itung-itungannya kita bahas dulu, apa sih komponen final gear itu?
jadi komponen final gear itu sederhananya ada gear set yang terdiri dari gear depan dan gear belakang sob,yang di hubungkan dengan rantai,
fungsinya adalah untuk meneruskan putaran dari mesin ke roda belakang,makanya tu roda bisa berputar,sederhananya sih gitu sob.
ada pertanyaan lagi, apa sih pengaruhnya nilai rasio pada final gear? pengaruhnya adalah tu nilai rasio yang nantinya bakal nentuin motor kalian lebih optimal di akselerasi atau di top speednya.
disini gw jelasin secara santai aja y sob,mudah-mudahan pada ngerti.
ok kita masuk ke bahasan utamanya sob,Menghitung Nilai Rasio kalian gak perlu ribet-ribet nyiapin kopi,gorengan,kasur,tenda,baju ganti buat lembur hehehe,,
disini yang kalian butuhkan cuma data ukuran gear set standar dari motor sobat.disini gw gak ngebahas masalah korek mengkorek mesin y sob,mending korek yang laen aja hehehe,sama kalkulator sob kalo gak mau ribet,klo mau menguji nilai matematika sobat di ijazah y monggo g usah pake kalkulator hehe
ok rumusnya adalah..............Mata gear belakang : Mata gear depan
dah ditu doang sob rumusnya,gw bakal ngasih contoh di motor vega r std y sob
di data ukurannya adalah 35/15 kalau di bagi di dapat hasilnya 2.333333
ini jadi data patokan kalian sob,nah ketentuannya adalah batas maksimal penggantian rasio final gear hanya 0.1 jadi batas rasio penggantian untuk vega r sesuai data di atas adalah 2.233333 sampai 2.433333
Semakin besar nilai rasio yang keluar semakin kuat akselerasi ketika di awal,Sebaliknya,rasio yang muncul semakin kecil maka nafas semakin panjang dan top speed akan bertambah.
Ok waktunya reset sob.....
33/14=2.357143
34/14=2.428571
34/15=2.266667
36/15=2.4
36/16=2.25
37/16=2.3125
38/16=2.375
39/16=2.4375
40/16=2.5
40/17=2.352941
41/17=2.411765
Untuk akselerasi awal yang galak di sarankan 39/16, sedangkan top speed di putaran atas dan nafas panjang di sarankan 34/15.
tidak cuma nilai rasio saja yang mempengaruhi performa,besar atau kecilnya ukuran gear pun berefek besar di kecepatan tinggi ,rantai sebagai penerus gerak dari gear depan ke gear belakang sangat efisien di kecepatan rendah,sekitar 98%,tapi begitu kecepatan bertambah hingga top speed,efisiensi rantai drop hingga 85%.LEBIH BAIK PAKAI MATA GEAR GANJIL GENAP,DARIPADA GENAP-GENAP ATAU GANJIL-GANJIL.Supaya pemakaian antara mata gear merata.
Gear kecil enteng.Tapi,kekecilan pun masalah.Terutama gear depan.Sebab,gigi yang berfungsi mengait rantai amat sedikit.Alhasil kerja gear terlalu berat dan gesekan antara sambungan rantai besar,boros bensin
Ok,sekian aja sob yang bisa gw share,semoga bermanfaat,dan silahkan di coba dan di aplikasikan di motor sobat,
terimakasih
Belum ada tanggapan untuk "Menghitung Rasio Final Gear gampang sob"
Post a Comment