PART SUBSTITUSI UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA SEPEDA MOTOR

JUPITER ROAD RACE

Memilih  Part substitusi untuk sekedar meningkatkan performa tunggangan sepeda motor sobat memang bukan lagi hal yang asing untuk menjadi pilihan untuk meng-upgrade sepeda motor.Dengan melakukan cara substitusi part dari komponen standart sepeda motor lain bahkan menjadi cara untuk menghemat budget modifikasi mesin sepeda motor.Hasilnya juga tidak kalah dari part - part ber "embel-embel" racing yang banyak dijual dipasaran,yang tentunya dari segi harga beberapa part jauh lebih mahal.

Dari banyaknya merk dan tipe sepeda motor di Indonesia,seperti contohnya Yamaha,Honda,Kawasaki,Suzuki,Dll tentunya membuat kita lebih banyak pilihan untuk bereksperimen dalam hal pemilihan part yang sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

Berbicara masalah "korek mengkorek" mesin kalau kata anak - anak muda sekarang bilang "kohar" atau korek harian,tentunya part yang dipilih masih dalam tahap aman untuk dipakai aktif harian seperti berangkat kerja,sekolah,kuliah atau hanya untuk sekedar gaya di tempat tongkrongan.tapi memiliki kapasitas mesin yang di atas mesin standart pabrik.
Beberapa part yang biasanya paling sering dicari adalah sektor pengapian seperti coil,cdi,sepul, untuk sektor mesin biasanya yang paling banyak dicari seperti katup/klep,stang piston,seher/piston,timing chain/rantai kamrat atau biasa sobat kenal dengan rantai centrik.
Ok kita bedah satu persatu part part apa saja yang bisa sobat pilih...



Untuk sisi pengapian sobat bisa pilih pengapian dari pabrikan Yamaha tipe Vega r,kisaran tahun 2001-2003 atau biasa orang bilang vega lama.Kenapa saya merekomendasikan pengapian dari yamaha Vega r lama untuk sobat pilih sebagai part untuk mengupgrade motor sobat?..tentunya dari beberapa pertimbangan,diantaranya pengapian yang dipakai di Yamaha Vega R keluaran lama masih memakai arus AC atau arus bolak balik,listrik pengapiannya didapat langsung dari sepul.Keuntungan dari sisem pengapian AC ini,api yang dihasilkan terus membesar mengikuti putaran mesin.Artinya saat mesin berputar di putaran atas,listrik yang dihasilkan pun akan semakin membesar mengikuti putaran mesin untuk mengimbangi permintaan listrik yang juga ikut membesar.
Untuk CDI sobat juga bisa memilih CDI milik Vega R lama yang memiliki limit cukup tinggi,atau pilihan lainnya sobat bisa memilih CDI milik Fino thailand,Suzuki shogun kebo.

Geser ke sektor mesin plihannya cukup banyak tergantung dan disesuaikan dengan apa yang sobat butuhkan,dan tentunya untuk sektor yang satu ini tidak sembarangan memilih,karena butuh perhitungan khusus untuk memilihnya.


Untuk bagian katup/klep dan per klep,saya merekomendasikan per klep milik Suzuki smash dan Shogun yang sangat cocok untuk sobat mengupgrade motor sobat hanya dalam tahap kohar,masih dalam batas aman untuk dipakai harian.Dan per klep milik Honda sonic yang memiliki karakter yang keras dan kuat,dan bahkan sudah teruji di arena Road Race.
Untuk Klep-nya juga saya merekomendasikan milik Honda Sonic yang memiliki diameter payung klep yang lebar dan kuat,serta milik Honda Tiger,ukurannya sudah pas untuk sobat yang ingin bore-up pakai piston Honda Tiger.Tentunya untuk ukuran klep tidak selalu cocok dengan apa yang saya rekomendasikan,karna beda kapasitas mesin,juga pasti beda ukuran klep yang dipakai.Jadi disini saya menekankan untuk sobat memakai ukuran klep yang sesuai dengan kapasitas motor sobat.Di artikel berikutnya mungkin saya akan membagikan bagaimana cara untuk menghitung ukuran klep yang sesuai dengan kapasitas mesin.


Untuk piston pilihannya cukup bervariasi,yang paling sering dicari untuk kohar biasanya dari pabrikan Kawasaki yaitu piston milik Kawasaki Kaze r.Piston ini adalah Piston sejuta umat untuk dipakai Upgrade kohar,dan paling banyak direkomendasikan oleh banyak mekanik,karene ukurannya yang tidak terlalu ekstream di angka 53mm-55mm sangat cocok dipakai untuk upgrade kohar.selain itu ada piston CBR 150,bentuknya yang pendek biasanya banyak digunakan di motor matic dan bebek untuk mengakali naik stroke nol paking.


Dan terakhir untuk stang seher pilihan yang saya rekomendasikan stang seher milik honda astra 800 sangat pas buat big end yamaha jupiter sangat pas untuk stoke-up nol paking.Stang piston milik satria 2 tak,bisa untuk stroke up yamaha jupiter dan honda grand,karena pen big end-nya kecil memungkinkan hasil stroke yang cukup tinggi.Dan yang terakhir saya rekomendasikan stang piston milik Honda Grand,bisa dipakai untuk stroke-up Honda legenda sampai 4mm.

Ok sob mungkin itu saja beberapa substitusi part yang bisa saya rekomendasikan,mungkin tidak semua part cocok untuk kendaraan sobat,tapi setidaknya beberapa part itulah yang paling banyak dipakai untuk mengupgrade tunggangan sepeda motor.Kalau sobat punya saran part apa saja yang direkomendasikan,sobat bisa tulis di coment box dibawah.Ok sekian aja yang bisa saya bagi,
SALAM RODA DUA

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "PART SUBSTITUSI UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA SEPEDA MOTOR"

Post a Comment