Jadi quick shifter ini diciptakan dengan pemikiran bahwa seorang rider kalau ingin melakukan pemindahan gigi khususnya saat naik perpindahan gigi selalu diawali dengan menarik tuas kopling.Nah dengan menarik tuas kopling terlebih dahulu untuk menaikkan gigi tentu membutuhkan waktu yang tidak sedikit ternyata,dan tentunya ada tenaga akselerasi yang menurun karena kita biasanya menurunkan gas.Dan rata rata rider normalnya dalam melakukan perpindahan gigi dengan menarik taus kopling membutuhkan waktu sekitar 600 milidetik dan untuk rider yang mempuyai skil yang bagus biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 300 mili detik,sudah terlihat signifikan perbedaannya?tunggu dulu sob,untuk seorang pembalap waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perpindahan gigi dengan angka segitu cukup merugikan.Nah bagaimana agar pada saat melakukan perpindahan gigi hanya membutuhkan waktu 50 mili detik?makanya diciptakanlah QUICK SHIFTER ini sob
CARA KERJA QUICK SHIFTER
Jadi gini sob,konsepnya adalah pada sepeda motor umumnya menggunakan kampas kopling untuk memutus putaran dari mesin ke roda penggerak secara sementara.Nah hal ini yang membuat waktu terlalu banyak yang terpotong saat melakukan perpindahan gigi.terus bagaimana supaya lebih cepat?
Jadi caranya adalah dengan mengganti tuas perpindahan gigi (gear shift rod) dengan ditambahkan komponen yang bisa memutus sesaat pengapian.Ditambahkan sensor mekanik yang dihubungkan ke ECU. Jadi si ECU ini tau kapan saat si rider ingin melakukan perpindahan gigi,pada saat si rider melakukan perpindahan gigi,sensor mekanis tadi mengirim data ke ECU supaya diputus sementara arus pengapian,
pada saat ini arus bahan bakar juga terputus,maka ini adalah saat yang tepat untuk melakukan perpindahan gigi karena berhentinya kerja mesin,dan kinerja transmisi juga lebih ringan tanpa menyebabkan gesekan berlebih pada kampas kopling saat melakukan perpindahan gigi. dan saat rider selesai melakukan perpindahan gigi sensor tadi kembali seperti semula.Jadi rider sudah tidak perlu lagi menarik tuas kopling saat melakukan perpindahan gigi,karna mesin sudah otomatis mati saat si rider melakukan perpindahan gigi.Dengan konsep ini rider bisa melkukan perpindahan gigi dengan waktu yang jauh lebih singkat,bisa dibawah 10 milidetik.
Pertanyaannya apakah teknologi ini hanya bisa dipakai di motor injeksi saja?
Bukan orang INDONESIA namanya kalau gak bisa ngakalin.Teknologi ini bisa dipasang di motor yang masih menggunakan sistem konvensional karburator.
Caranya bagaimana?
di artikel selanjutnya saya akan bocorin bagaimana cara membuat QUICK SHIFTER MURAH
jangan sedih sob,kalian masih bisa mersakan teknologi ini tentunya murah dan bisa di aplikasikan di motor kalian.
Tapi tentunya teknologi QUICK SHIFTER ini hanya bisa digunakan untuk naik gigi aja sob,belum bisa digunakan untuk turun gigi,kalau mau pakai sekalian yang untuk turun gigi,sobat bisa beli SSG sob alias seamless shift gearbox hehe..sudah teknologi motogp tuh.
ok cukup sekian...terimakasih sob
Belum ada tanggapan untuk "QUICK SHIFTER,GAK PERLU NGOPLING SAAT PINDAH GIGI"
Post a Comment